Tugas Berat Nawawi Kembalikan Marwah KPK, Pernah Sebut Firli Bahuri sebagai Pimpinan One Man Show

Berita394 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA–Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara, Nawawi Pomolango, akan segera melakukan konsolidasi untuk mengembalikan marwah lembaga anti-rasuah itu.

Rapat dengan pimpinan KPK lainnya itu dimaksudkan untuk menentukan langkah pembenahan internal.

“Saya masih harus bertemu dan berbicara dengan rekan-rekan pimpinan lain apa kerja yang harus diprioritaskan di situasi seperti ini,” kata Nawawi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/11/2023).

Nawawi mengatakan, pimpinan KPK bersifat kolektif kolegial. Dalam sistem tersebut suatu keputusan diambil bersama-sama, bukan perorangan.

“Kerja di lembaga ini bersifat kolektif kolegial,” ujar Nawawi.

Seperto diberitakan sebelumnya Nawawi pernah menyebut ketua KPK Firli Bahuri sebagai pimpinan one man show.

One man show

Dibanding Firli Bahuri dan tiga Wakil Ketua KPK lainnya yakni, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, dan Johanis Tanak, Nawawi jarang muncul di publik dan membawakan konferensi pers.

Namun, Nawawi merupakan Wakil Ketua KPK yang pernah dan berani mengkritik Firli Bahuri dengan mengingatkan agar pimpinan KPK menghindari gaya kerja one man show atau menonjolkan satu orang.

Kritik itu Nawawi sampaikan ketika menanggapi surat yang ditulis Gubernur Papua Lukas Enembe untuk Firli Bahuri pada 3 November 2022.

Saat itu, Lukas menagih janji yang disampaikan Firli saat menjalani pemeriksaan di rumahnya, Koya Tengah, Jayapura, Papua.

“Harusnya ini jadi peringatan bagi kami untuk menghindari style kerja yang cenderung one man show,” kata Nawawi dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (2/2/2023).

Saat itu, Nawawi meminta penyidik KPK tidak terpengaruh persoalan janji yang ditagih Lukas Enembe kepada Firli.
Nawawi juga mengaku tidak mengetahui apa yang dijanjikan Firli pada Lukas Enembe.

Adapun Lukas merupakan tersangka dugaan gratifikasi, suap, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Ia beralasan sakit sampai akhirnya penyidik memeriksanya di rumah.

Baca Juga  Ada 29 Tentara Israel Tewas, 20 Diantaranya Disebabkan Terkena Tembakan dari Rekan Sendiri



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *