Suhu Lautan Capai Angka Tertinggi Sepanjang Sejarah, Kehidupan di Bumi Terancam : Okezone techno

Berita643 Dilihat

JAKARTA – Perubahan iklim telah memberikan dampak yang sangat signifikan bagi Bumi. Saat ini dikatakan bahwa suhu lautan sudah mencapai yang tertinggi sepanjang sejarah sehingga mengancam kelangsungan hidup di Bumi.

Menurut layanan perubahan iklim UE, Copernicus, rata-rata suhu permukaan laut global harian mencapai 20,96 derajat Celcius pada minggu ini, mengalahkan rekor sebelumnya yang ditetapkan pada 2016.

Ini jauh di atas rata-rata sepanjang tahun ini, yaitu sekitar 16 derajat Celcius, sebagaimana dihimpun dari Metro, Selasa (8/8/2023).

Pemanasan lautan menjadi perhatian utama karena memiliki sejumlah dampak negatif pada kesehatan Bumi. Misalnya, lautan yang lebih hangat dapat menyebabkan peristiwa cuaca yang lebih ekstrem, seperti angin topan dan siklon.

Lautan di Bumi menyerap sejumlah besar panas yang terperangkap di atmosfer oleh gas rumah kaca, membantu mengatur iklim dan mencegahnya menjadi terlalu panas. Jika ini sudah terlanjur terlalu panas, maka akan berakibat buruk. 

Suhu lautan yang panas dapat melepaskan lebih banyak karbon dioksida ke atmosfer. Selain itu lautan panas juga bisa menyebabkan pemutihan karang yang berdampak buruk pada ekosistem dan kelangsungan hidup di bawah laut.


Follow Berita Okezone di Google News


Dr Samantha Burgess, dari Layanan Perubahan Iklim Copernicus mengatakan bahwa bulan Maret seharusnya adalah saat lautan global paling hangat, bukan Agustus. Fenomena ini jelas menjadi mimpi buruk bagi siapa saja yang tinggal di Bumi.

“Fakta bahwa kami telah melihat rekamannya sekarang membuat saya gugup tentang seberapa hangat lautan yang mungkin terjadi antara sekarang dan Maret mendatang,” kata Samantha.

“Semakin banyak kita membakar bahan bakar fosil, semakin banyak panas berlebih yang akan dikeluarkan oleh lautan, yang berarti semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menstabilkannya dan mengembalikannya ke tempat semula,” lanjutnya.

Baca Juga  10 Contoh Percakapan Bahasa Inggris 2 Orang Singkat dan Artinya : Okezone Edukasi

Sejak April, suhu permukaan laut harian rata-rata global tetap pada nilai rekor sepanjang tahun ini. Tahun ini telah terjadi beberapa gelombang panas laut di Inggris, Atlantik Utara, Mediterania, dan Teluk Meksiko.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *