Ribuan Rumah Tangga di Kemayoran Berminat Gunakan Layanan Air Perpipaan PAM Jaya

Berita446 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Perumda PAM Jaya mencatat, ada 1.125 rumah tangga dekat Kawasan Kemayoran, wilayah Kelurahan Kebon Kosong, Jakarta Pusat yang berminat untuk menggunakan air perpipaan.

Selama ini mereka masih mengandalkan air tanah, atau air yang dibeli melalui jeriken seharga Rp 6.000 per 15 liter, sementara air perpipaan PAM Jaya untuk masyarakat kecil dikenakan tarif Rp 1 per liter.

Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan, jumlah rumah yang telah menyatakan berminat memiliki sambungan baru PAM Jaya sejumlah 1.125.

Angka ini setara 53 persen dari target 2.119 yang sudah mendaftar untuk menjadi pelanggan PAM Jaya.

“Bagi masyarakat di RW 04 hingga RW 09 Kelurahan Kebon Kosong apabila ingin mendaftar sambungan baru ke PAM Jaya, bisa datang langsung ke Kantor Area Bisnis PAM Jaya Sunter atau bisa juga mendatangi langsung booth PAM Jaya di Kantor Kelurahan Kebon Kosong,” jelas Arief pada Jumat (24/11/2023).

Baca juga: Warga Tambora Keluhkan Krisis Air Gara-Gara Pipa Petamburan Jebol, PAM Jaya Akan Gelar Uji Forensik

Arief mengatakan, saat ini pemasangan pipa jaringan sudah dimulai sehak 1 September 2023, dan sudah ada 20 rumah yang airnya telah mengalir.

Sedangkan untuk yang lainnya masih terus akan dikerjakan secara bertahap dan ditargetkan selesai ditahun 2024.

“Untuk memaksimalkan suplai air sampai ke rumah pelanggan, PAM Jaya juga membangun reservoir air dengan kapasitas 200 meter kubik di wilayah Kebon Kosong, dan telah melakukan lebih dari tujuh kali pertemuan sosialisasi ke warga mengenai proyek pemasangan jaringan air minum perpipaan dan reservoir di Kelurahan Kebon Kosong,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Setelah puluhan tahun menanti, warga RW 04 hingga 09 Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat kini bisa mendapat akses air bersih.

Baca Juga  Latest Moroccan Earthquakes Viral Video Twitter

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah memerintahkan Perumda PAM Jaya untuk memasang pipa air bersih untuk warganya.

Baca juga: Warga Kebon Kosong Bersyukur Terima Akses Air Bersih PAM Jaya, Setelah Puluhan Tahun Menanti

Tidak hanya itu, Heru Budi Hartono bersama dengan jajaran Direksi PAM Jaya juga meninjau pemasangan jaringan perpipaan air minum di Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (24/11/2023).

Upaya ini dalam rangka mewujudkan kedaulatan air di Jakarta, dengan target 100 persen pada 2030 mendatang.

Ketua RW 04 Kelurahan Kebon Kosong, Sardjono mengatakan, warga sudah berupaya meminta PAM Jaya agar masuk menyediakan air perpipaan sejak 1992 lalu. Hingga kini, kata dia, keinginan warga tersebut baru terwujud.

“Selama ini untuk minum kami beli dari gerobak, kalau untuk mandi pakai air tanah. Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Dirut PAM Jaya yang sudah masuk (menyediakan air perpipaan) ke wilayah kami,” kata Sardjono di lokasi pada Jumat (24/11/2023).



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *