Pengertian Gambar Ilustrasi, Jenis, Fungsi dan Contoh : Okezone Edukasi

Berita674 Dilihat

JAKARTA – Pengertian gambar ilustrasi memiliki banyak arti yang luas. Dalam setiap karya, di dalamnya memiliki arti makna yang berbeda-beda.

Selain itu, gambar ilustrasi tentunya juga harus bisa mewakili dan menjelaskan maksud dan tujuan dari sebuah karya, untuk itu mengetahui jenis dan fungsi ilustrasi juga tidak kalah penting untuk dipelajari. Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (10/8/2023), berikut penjelasan dari gambar ilustrasi.

 BACA JUGA:

Pengertian Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi adalah suatu gambar yang berfungsi untuk memberikan penjelasan atau memperindah suatu gambar sehingga dapat diketahui makna dari cerita tersebut.

Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Adapun beberapa jenis gambar ilustrasi yang mengacu pada isi pesan yang ingin disampaikan, yaitu:

1. Ilustrasi gambar kartun

Umumnya disajikan dalam gambar yang lucu dan menarik yang bersifat menghibur. Namun, di balik itu semua, ilustrasi pada kartun juga syarat makna, seperti menyampaikan sebuah pesan tersirat melalui gambar kartun tersebut.

2. Ilustrasi gambar karikatur

Karikatur berasal dari bahasa Italia ‘Caricare’. Artinya yaitu sebagai sebuah penggambaran akan suatu hal yang bersifat pasti. Karikatur juga dibuat untuk menonjolkan kelebihan dari sisi si objek yang akan digambar.

Biasanya, dalam gambar karikatur juga memiliki sifat lucu, unik, dan kadang-kadang dapat dijumpai karikatur yang menyampaikan sebuah sindiran maupun kritikan.

 BACA JUGA:

3. Ilustrasi gambar komik

Gambar ilustrasi komik menjadi suatu gambar yang berisikan kombinasi antara teks dan gambar, dengan bersifat detail dan menggambarkan kegiatan suatu tokoh, gambar tersebut menceritakan dari awal hingga akhir adegan. Sehingga para pembaca akan diajak mendalami isi cerita melalui gambar ilustrasi yang disajikan melalui lembaran demi lembaran.

4. Ilustrasi karya sastra

Baca Juga  Ibu Maxime Bouttier Meninggal Dunia di Rumah Luna Maya, Idap Sakit Jantung hingga Ginjal Sejak Lama

Dalam ilustrasi karya sastra, ilustrasi ini berisikan cerita pendek, puisi, sajak, dan karya lain.

Ilustrasi sastra sendiri digunakan untuk mempertegas makna. Gambar ilustrasi untuk karya sastra digunakan sebagai media pelengkap agar para penikmat seni lebih tertarik untuk membacanya.

Selain itu dalam ilustrasi karya sastra juga pembaca tak hanya merasakan isi karya sastra, namun juga membayangkan maksud dan tujuan yang ingin disampaikan penulis melalui ilustrasi sastra.


Follow Berita Okezone di Google News


Fungsi Gambar Ilustrasi

Dalam konteks ini Ilustrasi memiliki fungsi yaitu untuk memperjelas sesuatu yang bersifat tekstual. Selain itu fungsi lainnya adalah:

1. Menggambarkan suatu produk atau suatu ilusi yang belum pernah ada

2. Menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian yang dianggap mustahil.

3. Menggambarkan suatu ide abstrak.

4. Memperjelas suatu komentar yang biasanya berisikan komentar editorial berbentuk kartun atau karikatur.

5. Memperjelas pembahasan suatu artikel yang menggunakan gambar.

Contoh Gambar Ilustrasi

Sedangkan untuk contoh gambar ilustrasi itu sendiri banyak sekali ditemukan di majalah, buku pelajaran atau media cetak. Bentuk gambar ilustrasi beragam, mulai dari vignet, ilustrasi cerita, sampul buku, gambar peraga, hingga gambar ilustrasi karikatur komik.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *