Masuk Tahun Politik, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2024 Tumbuh Melandai 3 persen

Berita402 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTAMenjelang tahun 2024, iklim politik dan kondisi moneter global akan menjadi dua tema utama yang akan mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia di tahun depan.

Melihat hal itu, Grant Thornton menggelar event Economic Outlook 2024 bertemakan “Potensi Tahun Politik dan Tantangan Ekonomi Global di Home by Moonshine, Rabu (29/11/2023).

CEO Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani mengatakan acara ini diharapkan jadi sumber informasi faktor-faktor yang ada mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, hingga peluang investasi, bagi pemerintah maupun pelaku bisnis.

“Prediksi ekonomi Indonesia selalu jadi sorotan pada penghujung tahun dan tahun 2024 ini tidak tidak hanya membawa tantangan, tapi peluang besar untuk memberikan dampak positif pada perekonomian Indonesia,“ ujar Johanna lewat keterangan, Jumat (1/12/2023).

Baca juga: Kanker Menyerang, Kiki Fatmala Menolak Dirawat di Rumah Sakit, Minta Dimakamkan di San Diego Hills

Direktur dan Ekonom Center of Economics and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira Adinegara mengatakan investasi melambat pada saat tahun politik. Namun tahun 2024 investasi diperkirakan tumbuh positif tapi melandai di angka 3 persen.

“Hal ini dipengaruhi, salah satunya investor yang masih wait and see. Namun ada investor yang tetap berinvestasi walau pemilu berlangsung khususnya sektor makanan dan minuman, sektor otomotif karena peluang domestik yang besar,” katanya.

Bhima menambahkan untuk outlook, diprediksi perekonomian Indonesia akan tumbuh di angka 5 % di tahun 2024 untuk best scenario, dan 4,7-4,9



Quoted From Many Source

Baca Juga  Isu Laut China Selatan dan Konflik Rusia-Ukraina Dibahas dalam Sidang AIPA : Okezone Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *