Kronologi Anggota Panwascam Kota Medan Dihajar Tim Caleg saat Bertugas di Lapangan

Berita120 Dilihat

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengaku tersinggung atas perlakuan kepada anggota panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kota Medan yang menjadi korban pengeroyokan saat sedang bertugas.

Rahmat menegaskan pihaknya tidak bisa diperlakukan seperti itu oleh para peserta pemilu atau siapapun juga.

Untuk itu, ia menunggu proses hukumnya di kepolisian.

Hal tersebut disampaikannya usai Deklarasi Pengawasan Persidangan Pemilu dan Pilkada untuk Peradilan yang Jujur dan Adil digelar di Hotel Arya Duta Jakarta pada Rabu (17/1/2024).

“Kejadian Medan Kota ini Panwascamnya. Kami tersinggung sekali! Kami nyatakan kepada tim caleg itu. Bawaslu tidak dapat diperlakukan seperti itu oleh para peserta pemilu yang kemudian melakukan itu, atau tim, atau siapapun juga,” kata dia.

“Nanti kita akan lihat seperti apa prosesnya oleh teman-teman kepolisian,” sambung dia.

Baca juga: Usai Dipecat, Mantan Anggota Panwascam Pancoran Mas Depok Amri Joyonegoro Ngadu ke DKPP 

Bagja mengatakan kejadian tersebut menjadi dasar dari instruksinya kepada jajaran terkait kampanye terbuka yang akan datang.

Ia mengaku telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk langsung berkoordinasi dengan kepolisian apabila terjadi pelanggaran saat kampanye terbuka.

Hal tersebut, kata dia, juga mengingat pihaknya akan berhadapan dengan massa yang sangat besar dalam kampanye terbuka mendatang.

“Tantangannya, massa. Kita berhadapan dengan massa yang begitu besar. Kami sudah memerintahkan kepada Panwascam, Bawaslu Kabupaten Kota, jika kemudian terjadi pelanggaran, langsung koordinasi dengan polisi. Kenapa? Nggak bisa kejadian-kejadian Medan Kota misalnya,” kata dia.

Pengakuan Korban

Diberitakan Tribun-Medan.com sebelumnya, anggota panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kota Medan Raja Siregar (33) menjadi korban pengeroyokan saat sedang bertugas.

Baca Juga  Sempat Dilaporkan Hilang, Dua Pendaki Gunung Sibuatan Ditemukan Selamat : Okezone News

Pengeroyokan diduga dilakukan oleh anggota tim dari salah satu calon DPD RI 2024.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *