Hamdan Zoelva Pastikan Suara Oposisi Dibuka Lebar Jika Anies Terpilih Jadi Presiden

Berita316 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM JAKARTA — Dewan Pakar Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mengkritik pemerintahan saat ini yang eksistensi oposisinya mandeg atau minim.

Ketua Dewan Pakar Timnas AMIN Hamdan Zoelva memastikan keberjalanan oposisi akan hidup jika mantan Gubernur DKI Jakarta itu terpilih menjadi Presiden RI di Pilpres 2024. 

“Persoalan dasarnya adalah demokrasi tidak berjalan dengan baik. Suara-suara oposisi atau suara yang beda dengan pemerintah itu tiada salurannya,” jelas Hamdan dikutip, Jumat (15/12/2023).

Hamdan menuturkan, suara oposisi saat ini tampak kurang, termasuk dari para anggota legislatif (DPR) RI. 

Di sisi lain, banyak problem hukum yang tidak terbuka. Hal itu menjadi salah satu indikator tidak berjalannya demokrasi. 

Baca juga: Anies Sepakat dengan Ijtima Ulama, tapi Belum Tentu Kantongi Restu Habib Rizieq

“Dalam istilah Pak Anies, anak-anak yang mau mengkritik negara dibilang negara Wakanda mau mengkritik presiden.

Presiden di negara Wakanda itu adalah cerminan ketidakberanian mengkritik karena demokratisasi yang ditutup,” jelas dia. 

Hamdan menegaskan, jika nantiya Anies terpilih menjadi RI 1, suara oposisi akan dibebaskan berpendapat. Anies tidak akan mengkerangkengnya. 

“Kami pastikan akan dibuka seluas-luasnya, jadi partai-partai pendukung pun pasti tidak seperti sekarang ini karena kritik itu adalah bagian dari dinamika kehidupan negara.

Baca juga: Bawaslu DKI Pastikan KPU Jaksel Terbukti Langgar Administratif Pemilu

Tanpa ada kritik pemerintah menganggap dia selalu benar, padahal mungkin ada suara-suara riuh yang mengatakan itu salah tapi mereka tidak berani termasuk suara-suara yang ada di parlemen atau DPR,” ucap dia.

“Tidak berani secara terbuka karena ditutupnya pintu kebebasan dan demokrasi. Karena itu kita yakinkan itu sikap sendiri dari Pak Anies bahwa saatnya demokrasi kita kembalikan dari relnya,” ucap dia.

Baca Juga  Miris Lihat Anak Putus Sekolah di Kembangan, Aiptu Agus Dirikan Sekolah Non Formal di Daerah Kumuh

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *