Diduga Hendak Melakukan Serangan 4 Anggota Hamas Ditangkap di Jerman-Belanda

Berita363 Dilihat

WARTAKOTALIVECOM – Sekitar empat anggota kelompok Hamas ditangkap oleh otoritas Jerman dan Belanda.

Mereka ditangkap karena dicurigai merencanakan serangkaian serangan terhadap institusi-institusi Yahudi di kawasan Eropa.

Dilansir Reuters dan Al Arabiya, Jumat (15/12/2023), jaksa Jerman dalam pernyataannya pada Kamis (14/12) waktu setempat menyebut tiga tersangka ditangkap di Berlin dan satu tersangka lainnya ditangkap di Belanda.

Dari ketiga tersangka yang ditangkap di Berlin diidentifikasi sebagai Abdelhamid Al A dan Ibrahim El-R keduanya kelahiran Lebanon, serta Mohamed B yang merupakan warga negara Mesir.

Kemudian satu tersangka lainnya yang ditangkap di Rotterdam, Belanda, diidentifikasi sebagai Nazih R yang berstatus warga negara Belanda.

Dalam pernyataanya Kepolisian Belanda menyebut pihaknya menangkap pria berusia 57 tahun itu atas permintaan otoritas Jerman dalam penyelidikan gabungan oleh kedua negara tersebut.

Dan menurut jaksa Jerman keempat tersangka ini merupakan anggota Hamas sejak lama yang menjalin hubungan dekat dengan pimpinan sayap militer kelompok militan yang menguasai Jalur Gaza.

Lebih lanjut disebutkan oleh jaksa Jerman bahwa Abdelhamid ditugaskan oleh pemimpin Hamas di Lebanon untuk mencari sumber senjata.

Persenjataan itu, menurut jaksa Jerman, rencananya akan dibawa ke Berlin dan disimpan untuk kemungkinan serangan teroris terhadap institusi-institusi Yahudi setempat.

Otoritas negara-negara Eropa telah memperingatkan peningkatan potensi serangan oleh kelompok ekstremis yang diradikalisasi akibat perang yang berkecamuk antara Israel dan Hamas.

Sementara itu tiga orang lainnya ditangkap di Denmark atas dakwaan terkait terorisme.

Namun belum diketahui secara jelas apakah ada keterkaitan antara penangkapan di Denmark ini dengan penangkapan yang terjadi di Jerman dan Belanda.

Disisi lain Badan intelijen Israel, Mossad, dalam pernyataan terpisah yang dirilis oleh Kantor Perdana Menteri Israel, mengklaim Denmark telah membongkar “infrastruktur Hamas di kawasan Eropa”.

Baca Juga  Mulyono Minta Ossy Selaku Otak Pembunuhan Berencana Suami Sendiri Dihukum Mati

Dikutip dari Reuters, seorang pejabat Hamas, Sami Abu Zuhri, membantah bahwa orang-orang yang ditangkap itu terkait dengan kelompok mereka.

“Kami menyangkal ada anggota Hamas yang ditahan di Denmark, Jerman, atau negara Eropa lainnya. Mempublikasikan tuduhan-tuduhan ini bertujuan mempengaruhi unjuk rasa massal yang mendukung Palestina di Eropa,” sebutnya kepada Reuters.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *