BMKG Ungkap Penyebab Gempa 5,3 Magnitudo Pangandaran yang Rusak Rumah Warga

Berita390 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ungkap penyebab gempa Pangandaran, Jawa Barat yang merusak sejumlah bangunan.

Diketahui Pangandaran diguncang gempa 5,3 Magnitudo. Titik gempa berada di 81 kilometer di sebelah barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada pukul 05.43 WIB, Kamis (28/12/2023).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono pun menjelaskan penyebab gempa Pangandaran.

Kata Daryono, Gempa 5,3 magnitudo dengan kedalaman 41 km itu diduga dipicu penyesaran dalam lempeng Eurasia (intraplate earthquake).

“Gempa Mag. 5,3 kedalaman 41 km guncang jawa barat bagian selatan diduga dipicu penyesaran dalam lempeng Eurasia (intraplate earthquake),” jelasnya.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Garut dengan skala intensitas IV MMI, daerah Cilacap, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Cianjur, Pangandaran dengan skala intensitas III MMI, di daerah Bandung, Bogor dengan skala intensitas II-III MMI

Dikutip dari Tribun Priangan gempa susulan terjadi dengan Magnitudo 3,4 dan terjadi di kedalaman 17 kilometer pada 06.03 WIB, Kamis (28/12/2023).

Gempa dua kali tersebut sebabkan dinding salah satu rumah milik warga di Kampung Cicurug, Desa Sukarasa, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat roboh.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetya.

“Sejauh ini baru ada 1 laporan sementara yang masuk, akibat gempa 1 rumah kena dampak di Kecamatan Salawu,” ucapnya kepada TribunPriangan.com pada Kamis (28/12/2023) pagi.

Tampak dinding bagian gudang rumah tersebut roboh seluruhnya, sehingga bagian dalam rumah tersebut, seperti lemari, baju, sepeda anak-anak, dan lainnya terlihat dari luar.

“Sementara itu dulu. Saat ini anggota sudah meluncur dan memastikan kondisi warga lainnya di beberapa titik,” ujar Jembar.

Baca Juga  Guru Besar UP Minta Bareskrim Perjelas Status Hukum 3 Orang yang Diduga Sembunyikan Dito Mahendra

(Wartakotalive.com/DES/Tribun Priangan)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *