Alokasi Penerima Bantuan Pasang Baru Listrik 2023 di Banten Meningkat : Okezone News

Berita399 Dilihat

JAKARTA – Kementerian ESDM bersama dengan DPR RI menginisiasi Program Bantuan Pasang Baru Listrik atau disingkat BPBL untuk memberikan bantuan penyambungan listrik kepada rumah tangga tidak mampu yang belum berlistrik.

Program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) dimulai pada 2022 lalu yang telah berhasil melistriki 80.183 rumah tangga tidak mampu, melampaui target BPBL pada tahun tersebut sebanyak 80.000 rumah tangga tidak mampu.




Pada 2023, Kementerian ESDM dengan dukungan dan persetujuan DPR RI kembali melaksanakan program BPBL melalui APBN Kementerian ESDM Tahun Anggaran 2023 untuk memberikan BPBL sekitar 125.000 rumah tangga di seluruh Indonesia.

Peningkatan alokasi penerima program BPBL pada 2023 juga akan dirasakan di Provinsi Banten. Pada 2022 BPBL telah diberikan kepada 2.284 rumah tangga di Provinsi Banten.

Angka tersebut melebihi target awal yang dicanangkan yaitu sebesar 2.240 rumah tangga. Sedangkan untuk alokasi BPBL 2023 di Provinsi Banten meningkat menjadi 2.500 rumah tangga.

Khusus wilayah Kota Tangerang, terdapat 398 rumah tangga yang berhak menerima BPBL pada 2022. Sambungan setrum tersebut disalurkan di enam kecamatan.

“Mungkin penerima manfaat di Tangerang ini sebelumnya menyalur listrik dari tetangga,” ungkap Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Ida Nuryatin Finahari dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (18/08/2023).

Salah satu penerima BPBL 2022 di Kota Tangerang, Muhammad Teddy Syah (22) menyatakan bahwa ia berterima kasih sudah punya listrik sendiri.

“Iya, terima kasih Bapak, Ibu pemerintah, saya sudah ada listrik,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPR Komisi VII Zulfikar Hamonangan mengatakan pihaknya mendorong pemerintah agar membuat regulasi yang memperhatikan kebutuhan masyarakat.

“Dengan program ini, (warga) merasa terbantu. Khususnya, masyarakat yang pedagang kecil dan kaki lima, terbantu dengan pemasangan baru listrik di setiap rumah-rumah,” tuturnya.

Baca Juga  Cuaca Jabodetabek Besok Selasa 10 September 2023, Akhirnya Jakarta Timur Berpotensi Hujan Lebat

BPBL di Kabupaten Tangerang

BPBL di Kabupaten Tangerang dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar. (Foto: dok Kementerian ESDM)

Janti (73) Ibu rumah tangga yang tinggal di Desa Patrasana, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten, itu akhirnya memiliki instalasi listrik sendiri setelah menerima program BPBL 2022. Rasa syukur berulang kali ia ucapkan karena sebelumnya, selama puluhan tahun aliran listrik di rumah Janti masih tergantung dari suplai listrik milik tetangganya.

“Dulu listriknya nyambung dari sono (tetangga), enggak enak, enggak bebas. Kalau listrik dia matiin, (listrik) kita juga ikut mati,” kata Janti.

Penerima BPBL 2022 lainnya, Masni (67) turut mengucapkan rasa syukurnya karena telah memiliki instalasi listrik sendiri.

“Sekarang bisa nyalain listrik sendiri, enggak jauh lagi (menyalur listrik). Sama enak kalau malam, jadi terang,” ucapnya.

Diharapkan dengan BPBL ini akan bermanfaat masyarakat dapat menikmati listrik untuk kebutuhan sehari-hari, penerangan, komunikasi, televisi, pendidikan dan untuk kegiatan ekonomi mikro sehingga menjadi pemicu peningkatan ekonomi masyarakat.

Pemberian bantuan penyambungan listrik kepada masyarakat tidak mampu merupakan bukti bahwa negara hadir untuk seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Masyarakat yang merdeka berhak mendapatkan akses listrik.


Follow Berita Okezone di Google News


(Wul)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *