6 Kebiasaan Sehari-hari untuk Melatih Otak Menjadi Lebih Bahagia

Berita458 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Anda dapat melatih otak agar dapat lebih bahagia. Ada ilmu saraf perilaku yang akan mengubah pikiran untuk selamanya.

Bahagia itu pilihan, tapi ada juga orang-orang sepertinya terlahir bahagia. Orang lebih baik dalam ‘memilih’ kebahagiaan, bahkan ketika keadaan sulit.

Ada pula orang yang mempunyai kapasitas luar biasa untuk merasa tidak enak, kemudian bangkit kembali dan merasa lebih bahagia lagi dalam waktu singkat.

Menurut Laporan Kebahagiaan Dunia tahun 2022, beberapa orang yang beruntung memang secara alami lebih bahagia.

Laporan menyebutkan, 30-40 persen perbedaan kebahagiaan antar manusia disebabkan oleh perbedaan genetik antar manusia.

Orang-orang terlahir dengan serangkaian varian genetik yang membuat mereka lebih mudah merasa bahagia, sementara orang lain kurang beruntung.

Namun sebenarnya, hal ini jauh lebih berlapis dari itu.

Tergantung interaksi

Perbedaan antara tingkat kebahagiaan unik setiap individu dapat dijelaskan dengan baik melalui interaksi kompleks antara kecenderungan genetik dan lingkungannya.

Bahkan di luar DNA dan keadaan eksternal, kita memiliki kekuatan dalam diri untuk menjadi lebih bahagia.

“Kita cenderung percaya bahwa kita akan bahagia ketika kondisi tertentu terpenuhi, ketika kita telah mencapai ini atau itu, tapi itu adalah mitos yang umum,” kata Elissa Epel PhD.

Profesor dan wakil ketua Departemen Psikiatri di Universitas dari California San Francisco itu mengatakan, setiap diri orang memiliki kendali diri.

“Kita dapat mengambil kendali dan menemukan apa yang dapat kita lakukan sekarang,” kata peneliti dan salah satu pencipta The Big JOY Project, dan penulis The Stress Prescription: Seven Days to More Joy and Ease.

“Hal-hal kecil yang dapat meningkatkan perasaan gembira atau puas.”



Quoted From Many Source

Baca Juga  Politik Memanas Jelang Pilpres, Ganjar: Investor di IKN Wait and See, Mereka Butuh Kepastian Hukum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *